Begini Cara Mengatasi Bayi Masuk Angin dan Muntah, Terbukti Efektif!

Cara Mengatasi Bayi Masuk Angin dan Muntah

 

Tanya NersAda beberapa cara mengatasi bayi masuk angin dan muntah yang bisa Bunda lakukan sendiri di rumah. Cara yang dilakukan juga mudah dan tidak perlu memerlukan peralatan yang mahal. Lalu apa saja cara yang bisa Bunda lakukan? Yuk simak caranya di bawah ini!

Apa Penyebab Bayi Masuk Angin dan Muntah?

Sebelum masuk ke cara mengatasi bayi masuk angin dan muntah, Bunda harus tahu apa saja hal yang menyebabkan masalah tersebut. Secara umum, bayi mengalami masuk angin dan muntah karena udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan terlalu banyak. Penyebabnya bisa beragam, berikut ini adalah beberapa penyebabnya

Tidak cocok dengan susu atau MPASI

Penyebab mengapa bayi mengalami masuk angin dan muntah bisa disebabkan karena tidak cocok dengan susu formula atau MPASI yang diberikan. Hal tersebut membuat pencernaan si kecil mengalami gangguan dan membuat perut menjadi kembung.

Terlalu banyak menelan udara saat menyusui

Cara menyusui yang tidak tepat membuat bayi terlalu banyak menelan udara saat menyusui. Ketika menyusui, pastikan posisikan mulut bayi menempel pada puting dan aerola. Jika tidak, maka udara akan ikut masuk ke dalam mulut bayi. 

Sistem pencernaan belum matang

Penyebab lainnya mengapa bayi masuk angin adalah pencernaan bayi yang belum matang. Masuk angin pada bayi memang sering terjadi mulai usia 3 bulan serta usia 6-12 bulan. Pada fase ini bayi masih belajar untuk mencerna makanan.

Baca juga : Bayi Mommy Muntah Menyembur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Bayi Masuk Angin dan Muntah

Sc : Pexels

Begini Cara Mengatasi Bayi Masuk Angin dan Muntah

Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan ketika bayi mengalami masuk angin dan muntah? Ada beberapa cara sederhana yang Bunda bisa lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

Buat Bayi Bersendawa

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masuk angin adalah membuat bayi bersendawa. Caranya adalah gosokkan atau tepuk punggung bayi secara lembut. Cara ini akan membantu mengeluarkan gas yang terjebak dalam perut si kecil.

Pijat Perutnya

Memijat perut bayi juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masuk angin dan muntah pada bayi. Caranya pijat lembut perut bayi dengan gerakan searah jarum jam atau berlawanan.

Bunda juga bisa menenampatkan bayi di atas lutut, tengkurapkan bayi, kemudian gosok dengan perlahan bagian punggungnya.

Baca juga : Perhatikan Si Kecil, Ini Cara Mengetahui Mata Bayi Normal atau Tidak

Gerakkan Kakinya

Cara lainnya yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menggerakkan kakinya. Caranya rebahkan bayi pada permukaan datar dan naikkan kakinya.

Lalu ayunkan kakinya seperti mengayuh sepeda. Cara ini dapat membantu mengeluarkan gas yang terjebak dari perut bayi.

Cara Mengatasi Bayi Masuk Angin dan Muntah

Sc : Pexels

Baca juga : Perhatikan, Begini Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Benar dan Aman

Menyusui dengan posisi tegak

Agar bayi terhindar dari masuk angin, ketika menyusui posisikan bayi dalam posisi tegak sehingga susu dapat mengalir lebih lancar dan membuat bayi bersendawa.

Apabila dalam posisi seperti membungkuk atau meringkung, maka kemungkinan besar udara akan terperangkap dalam perutnya.

Balurkan minyak telon agar tubuh hangat

Ketika mengalami masuk angin, bayi akan merasa tidak nyaman dan mudah rewel dan menangis. Bunda bisa memberikan minyak telon pada bayi agar bisa meredakan rasa tidak nyamannya.

Kandungan yang ada di minyak telon bermanfaaat untuk menghangatkan bayi, termasuk untuk mencegah masuk angin dan meredakan perut kembung.

Antisipasi Semua Permasalahan Pada Bayi Dengan Mengikuti Kelas Laktasi

KELAS LAKTASI ASI MASTERY

Di setiap fase awal perkembangan bayi tentu bukan suatu hal yang mudah. Oleh karena itu Bunda perlu mempersiapkan banyak hal termasuk ASI untuk si kecil. Bunda bisa mempersiapkan itu semua dengan mengikuti kelas laktasi dari Tanya Ners bersama perawat dan konselor laktasi berpengalaman, secara online

Di kelas ini akan diajarkan teknik untuk memerah ASI secara benar sehingga produktivitas jumlah ASI jauh lebih meningkat. Tidak hanya itu saja, akan ada grup WhatsApp untuk konsultasi secara gratis bersama perawat dan konselor laktasi berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, klik link tautan berikut ini ya. Semangat bagi para Moms yang menghadapi fase awal merawat si kecil ya!

 

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi : 

  • https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/gas-digestive-tract/definition-facts
  • https://rmccares.org/2020/09/08/why-is-my-baby-so-gassy/
Scroll to Top
×