Ini 7 Daun Penurun Panas pada Bayi yang Mujarab & Aman

daun untuk menurunkan panas pada bayi

TanyaNersOrang tua tentu merasa khawatir saat bayi mengalami suhu tubuh yang tinggi dan demam. Kondisi ini dikarenakan tubuh si kecil merespon adanya bakteri atau virus yang menyerang. Biasanya, bayi akan mengalami demam saat fase-fase tertentu. Seperti tumbuh gigi, efek setelah imunisasi, dan lainnya. Namun, Mommy tak perlu khawatir. Mengatasinya dapat menggunakan daun penurun panas pada bayi. Apa saja? Simak ulasannya!a

Daftar Daun Penurun Panas pada Bayi

Berikut beberapa dedaunan yang dipercaya memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan dan dinilai cukup mujarab untuk menurunkan panas pada bayi. Nutrisi daun ini akan disalurkan melalui ASI kepada si kecil nantinya.

1. Daun Kelor

daun untuk menurunkan panas pada bayi - daun kelor
sc: Times of India

Sebagian orang beranggapan jika daun kelor kerap dihubungkan dengan mistis seperti untuk mengusir jin. Terlepas dari itu, daun dengan nama latin moringa oleifera ini punya segudang manfaat untuk kesehatan. Sebab, ada kandungan vitamin, mineral hingga senyawa antioksidan yang tinggi. Mommy dapat mengkonsumsinya dengan mengolahnya menjadi sayur bening. Atau memberikannya langsung di dahi si kecil. Caranya, haluskan daun kelor ini dan setelah dicuci bersih, tumbuk sampai halus dan letakkan pada dahi bayi.

Baca juga: 7 Cara Memijat Bayi Agar Tidak Rewel 

2. Daun Dadap Serep

Berikutnya adalah daun dadap serep dengan bentuk lebar dan membulat. Adanya kandungan antiseptiknya, dipercaya dapat memperlambat perkembangan mikroorganisme. Maka tah heran jika dadap serp dijadikan untuk mengobati luka dan menghindarikan infeksi. Selain itu, cocok pula untuk mengatasi demam pada bayi berkat kandungan antipiretik yang dimiliki. Mommy dapat merebus lalu meminumnya secara rutin paling tidak dua kali sehari hingga demam turun perlahan.

3. Daun Pepaya

Meski memiliki rasa yang pahit, daun pepaya memiliki sejumlah kandungan penting. Mulai dari vitamin A, B1, dan C. Termasuk kandungan protein dan kalsium. Lalu, kandungan flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloidnya mampu meredakan panas pada bayi dan membuat peredaran darah lebih lancar. Untuk mengkonsumsinya, rebus daun pepaya sekitar 15 menit. Tiriskan agar air turun, lanjutkan dengan menyaring dan memerasnya. Air rebusan daun pepaya ini bisa dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Daun Mimba

daun untuk menurunkan panas pada bayi - daun mimba
sc: Herbal Dynamics Beauty

Daun penurun panas pada bayi lainnya ialah daun mimba atau neem. Untuk kesehatan kulit, daun ini memang manjur. Seperti menghilangkan jerawat dan menjaga kulit tetap sehat. Di samping itu, membantu dalam menjaga kekebalan tubuh bayi. Sehingga, panas pun segera mereda. Mommy dapat meminum langsung air rebusannya secara berkala, atau cara lainnya ialah dengan menumbuk daun tersebut setelah dicuci bersih. Kemudian, letakkan tumbukan halus daun mimba ke dahi bayi.

Baca juga: 9 Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh & Kaya Nutrisi

5. Daun Binahong

Dalam pengobatan herbal dan alternatif Tiongkok, daun binahong selalu ada. Sebab, memiliki sejumlah khasiat untuk beragam penyakit, termasuk penurun panas alami. Adanya kandungan seperti senyawa terpenoid, flavonoid, dan saponion, dapat menurunkan panas si kecil. Cara yang paling mudah dan banyak dilakukan ialah dengan menumbuk daun ini secara halus. Kemudian, cuci sampai bersih, setelah itu balurkan ke dahi maupun bagian tubuh seperti dada dan perut. Diamkanlah sejenak dan lakukan beberapa kali hingga panasnya mulai menurun.

6. Daun Bidara

Berkat manfaatnya untuk mengobati masalah pencernaan, menurunkan gula darah, hingga mengatasi insomnia, dan mengatasi demam, daun bidara kerap dijadikan campuran teh herbal. Kini, ekstrak daun bidara banyak dijual dalam bentuk kemasan. Atau merebus sendiri daun bidara tersebut dengan air mendidih. Karena rasanya yang pahit, jika Moms kurang suka, maka bisa menambahkan sedikit jeruk nipis, madu, atau gula.

7. Daun Sirih Hijau

daun untuk menurunkan panas pada bayi - sirih hijaus
sc: Housing

Sirih memiliki kandungan senyawa antioksidan dan antibakteri. Tak heran jika daun ini kerap digunakan untuk mengobati mimisan, mengobati luka, dan menurunkan demam. Minumlah air dari rebusan sirih hijau ini. Cara lainnya ialah dengan mengompres dan meletakkannya pada dahi bayi menggunakan daun sirih yang sudah dimemarkan secara halus.

Baca juga: 7 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi yang Efektif

Penutup
KELAS LAKTASI ASI MASTERY

Bagaimana Moms, cukup mudah ditemukan bukan daun penurun panas pada bayi di atas? Jika memungkinkan, cobalah untuk menanam tanaman tersebut agar jika sewaktu-waktu si kecil panas tak perlu bingung lagi mencarinya. Di samping menggunakan daun-daunan, ketika panas pastikan bayi mendapatkan perawatan medis dan treatment khusus di rumah. Seperti memberikan pakaian yang nyaman, selalu rutin cek suhu tubuh, dan istirahat yang cukup.

Berikan pula ASI eksklusif kepada si kecil untuk membantu meredakan panasnya. Sebab, ASI kaya akan nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Nah, agar produksi ASI tetap terjaga dengan baik, tak ada salahnya Moms ikuti kelas laktasi ASI Mastery dari TanyaNers yang diadakan secara online.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://id.theasianparent.com/daun-penurun-panas-pada-bayi
  • https://www.vinmec.com/en/news/health-news/pediatrics/instructions-for-taking-care-of-children-with-fever
Scroll to Top
×