Mengenal Metode Operasi Caesar ERACS, Lebih Cepat Pulih!

operasi caesar eracs

Tanya Ners – Pada proses persalinan melalui operasi caesar, pemulihan biasanya lebih lama dibandingkan persalinan normal. Namun, sekarang proses pemulihan dapat berlangsung lebih cepat dengan metode Enhanced Recovery After Cesarean Section (ERACS). Metode apakah itu? Yuk intip selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Metode ERACS?

sc: oviahealth

Enhanced Recovery After Cesarean Section (ERACS) adalah metode persalinan yang menggunakan salah satu prosedur caesar yang bertujuan untuk memulihkan kesehatan ibu sebelum dan setelah operasi. Tujuan utama ERACS adalah agar pasien bisa bergerak lebih cepat, sehingga mempercepat proses pemulihan, mengurangi komplikasi, mempercepat proses menyusui dengan posisi yang lebih optimal, serta memberikan pengalaman positif bagi ibu dan bayi secara keseluruhan.

ERACS didasarkan pada praktik berbasis bukti dan pendekatan multi-disipliner yang melibatkan dokter kandungan, ahli anestesi, dokter anak, perawat, penyedia layanan kesehatan lainnya, dan tentu saja dukungan keluarga pasien.

Keunggulan Metode Persalinan ERACS

Berikut adalah beberapa keunggulan metode persalinan ERACS yang lebih banyak dipilih oleh orang tua karena dapat memberikan kelebihan di bawah ini.

1. Mengurangi Nyeri

Manfaat dari metode persalinan ERACS adalah nyeri minimal setelah operasi. Ini karena obat antiinflamasi nonsteroid diberikan, baik dalam bentuk pil atau intravena. Selain itu, moms juga akan diberikan obat nyeri jangka panjang dalam dosis kecil di tulang belakang selama operasi. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi nyeri pasca operasi dan gejala mual serta konstipasi.

2. Pemulihan Luka Cepat

Tidak hanya nyeri minimal, metode persalinan ERACS juga dapat membuat luka sembuh dengan cepat. Menurut Kementerian Kesehatan, dokter menggunakan pisau bedah yang sangat tajam dan kecil, sehingga meminimalkan kerusakan pada jaringan. Dengan demikian, luka pada kulit dapat sembuh dengan cepat.

3. Waktu Puasa yang Pendek

Operasi caesar umumnya membutuhkan waktu puasa minimal 8 jam. Namun, dengan metode persalinan ERACS, moms hanya perlu berpuasa selama 6 jam sebelum operasi. Selain itu, moms juga masih diperbolehkan minum 2 jam sebelum metode persalinan ini.

Metode ERACS Meliputi

operasi caesar eracs
sc: pubmiddleware

Saat melakukan metode persalinan ERACS, ada beberapa tahapan yang harus dilewati yang akan dijelaskan secara singkat di bawah ini.

1. Persiapan Sebelum Operasi

Mengoptimalkan kesehatan pasien sebelum operasi caesar dengan nutrisi yang tepat, cairan yang cukup, edukasi tentang proses operasi, dan pemberian obat sebelum operasi. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan: 

  • Pemeriksaan kadar hemoglobin: Dilakukan untuk memastikan kadar hemoglobin cukup. Karena hemoglobin yang rendah dapat menyebabkan pendarahan berlebih selama operasi.
  • Pemeriksaan kesehatan: Dokter kemudian memeriksa apakah Anda memiliki riwayat masalah lambung. Jika iya, Anda akan diberi obat anti mual.
  • Mandi: Sebelum melahirkan dengan metode ERACS, Anda akan diarahkan untuk mandi dengan sabun antiseptik agar area kulit yang akan dioperasi bebas dari bakteri.
  • Makan pola makan sebelum operasi
    • 8 jam: Nasi dan lauk pauk
    • 6 jam: Camilan (biskuit atau roti)
    • 2 jam: Minum “Fit Mom Drink” (minuman tinggi karbohidrat)

2. Selama Operasi

Selama operasi tentu saja ada lebih banyak hal yang kompleks tergantung kondisi setiap individu, namun umumnya berikut beberapa hal yang dilakukan selama operasi.

  • Ahli anestesi memberikan rejimen obat dengan teknik injeksi anestesi yang optimal dan juga obat untuk mencegah mual dan muntah selama operasi serta manajemen nyeri multimodal untuk mengelola rasa sakit secara efektif dengan meminimalkan penggunaan obat penghilang rasa sakit opioid.
  • Dokter kandungan melakukan teknik operasi yang optimal dan efektif agar operasi tidak memakan waktu terlalu lama dan pasien tetap nyaman selama operasi.
  • Dokter kandungan juga melakukan Delayed Cord Clamping saat memotong tali pusar.
  • Dokter anak menilai dan memberikan pertolongan pertama saat bayi lahir. Jika kondisi bayi baik, dokter anak akan memulai Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

3. Setelah Operasi

Pasca operasi menjadi salah satu puncak atau hal yang menjadi nilai jual dari metode ini. Seperti yang sudah disebutkan, metode ini memiliki tingkat pemulihan yang lebih cepat dan tidak terlalu sakit dibandingkan operasi caesar biasanya. Berikut beberapa hal yang akan dilakukan selama pacsca operasi.

  • Kombinasi teknik pengobatan nyeri digunakan untuk mengatasi nyeri pasca operasi secara efektif.
  • Pasien dipantau di ruang pemulihan, kemudian perawat membantu untuk memulai mobilisasi bertahap, memberikan cairan, dan mendorong pasien untuk mulai mengunyah permen guna mengurangi keluhan mual dan muntah.
  • Hidrasi yang tepat dan diet seimbang ditekankan untuk mendorong pemulihan.
  • Pasien dianjurkan untuk bergerak sesegera mungkin setelah operasi, yang dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu penyembuhan.
  • Di bangsal, perawat memberikan edukasi tentang perawatan pascaoperasi, teknik manajemen nyeri, dan dukungan selama proses pemulihan.

Apakah ERACS Tepat untuk Moms?

sc: Bellefit

Meskipun ERACS menawarkan manfaat yang signifikan, penting untuk mendiskusikan opsi ini dengan dokter moms untuk menentukan apakah itu cocok untuk situasi dan kondisi kehamilan yang ada. Karena tidak semua kehamilan sama dan kondisi medis tertentu dapat membuat ERACS menjadi pilihan yang kurang tepat.

Nah, dengan berfokus pada manajemen nyeri, operasi minimal invasif, dan mobilisasi dini, ERACS dapat membantu moms kembali merawat diri mereka sendiri dan bayi mereka yang baru lahir lebih cepat. Jika moms sedang mempertimbangkan operasi Caesar, diskusikan opsi ERACS dengan dokter untuk melihat apakah itu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Baca juga: Moms Pakai Korset Setelah Melahirkan Caesar, Bolehkah?

Ikut Kelas Laktasi untuk ASI yang Lancar

KELAS LAKTASI ASI MASTERY

Itulah seputar operasi caesar ERACS yang wajib moms ketahui. Setelah selesai operasi, memberikan ASI ekslusif kepada bayi selama minimal 6 bulan merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan. Namun bila mom mengalami masalah ASI yang tidak lancar, maka tidak perlu khawatir. Kini moms sudah bisa mengikuti Kelas Laktasi dari Tanya Ners untuk membantu memproduksi ASI agar lebih lancar yang dibimbing langsung oleh ners berpengalaman. Yuk gabung sekarang!

 

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://www.emc.id/en/care-plus/eracs-delivery-method-for-faster-postoperative-recovery
  • https://www.morulaivf.co.id/en/blog/recognize-the-eracs-delivery-method-for-fast-recovery/
Scroll to Top
×