Bayi Bingung Puting Saat Menyusu? Begini Mengatasinya!

ibu bayi blog

TanyaNersProses menyusui terkadang ada saja masalah atau kendala yang dialami Mommy. Mulai dari produksi yang tidak menentu hingga bayi bingung puting saat menyusu. Mengapa ini bisa terjadi? Apa saja penyebab dan seperti apa tanda-tandanya? Bagaimana pula cara mengatasinya? Simak selengkapnya dalam artikel kali ini!

Mengapa Bayi Bingung Puting Waktu Menyusu?

Cara Mengatasi Bayi Masuk Angin dan Muntah
sc: Freepik

Bayi bingung puting disebabkan karena berbagai faktor. Salah satunya adalah ketika si kecil mengalami masa transisi dari menyusui langsung ke menyusui menggunakan botol. Hal itu karena tekstur dan mekanisme bayi mengisap puting berbeda. Sehingga, merasa kebingungan saat kembali menyusu ke payudara ibunya.

Si kecil yang bingung menemukan puting, biasanya terjadi ketika baru pertama mencoba dan menggunakan botol susu. Beberapa ciri dan tanda bayi bingung puting bisa dilihat dari gesturnya seperti:

  • Menolak ketika disusui langsung dari payudara ibunya.
  • Mulut bayi yang menguncup layaknya minum dari botol susu ketika menyusu langsung ke payudara.
  • Waktu menyusu yang sebentar. Artinya, si kecil sering melepas isapannya sebentar-sebentar.

Baca juga: Cara Menyusui yang Benar, Penting Untuk Diketahui!

Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting

fidyah ibu menyusui
Sc: Primacare clinic

Ada cara mudah untuk mengatasi bayi bingung puting ini. Mommy dapat mempraktikkannya secara langsung agar si kecil tidak rewel kembali saat menyusui. Berikut di antaranya:

1. Moms Jangan Panik

Sebagai langkah awal, Moms sebaiknya jangan panik ketika si kecil gusar dan rewel karena bingung puting. Ingat, bayi akan merasakan kecemasan ketika ibunya sedang cemas pula, Tetaplah tenang dan dekatkan puting susu secara perlahan namun tidak memaksanya. Berikan belaian lembut kepada si kecil dan jadikan momen menyusui sebagai aktivitas menyenangkan agar si kecil tetap merasa bahagia setiap kali menyusui langsung dengan Moms.

Baca juga: Penyebab Puting Lecet Saat Menyusui & Faktor yang Mempengaruhinya!

2. Perhatikan Posisi Bayi Saat Menyusui

Berikutnya, setelah Moms merasa tenang maka cek kembali apakah posisi bayi ketika menyusui sudah tepat. Begitu pun dengan posisi Mommy cukup nyaman dan letakkan mulut si kecil ke payudara dengan benar. Salah satunya adalah apabila mulut bayi sudah masuk semua di puting dan bibirnya menutupi sekitaran areola. Moms juga bisa mengamati posisi yang tepat ini dengan suara isapan dan menelan yang terdengar jelas dari mulut bayi ketika dia menyusu.

3. Susui Sebelum Lapar

5 Cara Agar ASI Cepat Keluar Setelah Bayi Lahir, Moms Wajib Tahu!
sc: Pexels

Sebagian Mommy beranggapan menyusui si kecil saat lapar adalah waktu yang tepat. Ini meemang tidak ada salahnya. Namun, usahakan untuk menyusuinya sebelum bayi merasa sangat lapar. Terkadang bayi menangis dalam kondisi sangat lapar akan membuatnya kebingungan mencari puting dan akan membuatnya semakin rewel. Maka dari itu, Moms perlu membuat jadwal untuk menyusui secara teratur sesuai dengan usia bayi. Dari situ, nanti dapat memperkirakan kapan dia akan menyusui dan tanda saat lapar.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir!

4. Pendekatan Skin to Skin Penting

Skin to skin merupakan metode menyusui dengan kulit bayi dan ibu bersentuhan secara langsung tanpa dibatasi kain atau pakaian. Dengan cara seperti ini, membuat bayi lebih rileks dan tenang. Di samping itu,dia akan menikmati proses menyusunya. Apabila cara ini dilakukan secara intens ketika menyusui, bukan tidak mungkin bayi akan terbiasa menemukan puting Moms saat menyusui dan tidak lagi bingung puting.

5. Mengurangi Penggunaan Botol Susu

Cara yang terakhir adalah dengan mengurangi penggunaan botol susu kepada si kecil terus menerus. Hal itu perlahan akan membuatnya enggan secara langsung minum ASI dari payudara ibu. Padahal, saat usia emas kedekatan antara ibu dan anak harus lebih ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan menyusui langsung. Sebagai gantinya, Moms bisa menggunakan cup feeder khusus atau menggunakan sendok secara perlahan. Namun, tetap sesuai arahan dokter atau petugas medis, ya Moms!

Baca juga: Ini Jenis Wadah untuk Simpan ASI Perah yang Bagus & Aman!

Penutup

KELAS LAKTASI ASI MASTERY

Bagaimana, kini Mommy sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi bayi bingung puting saat menyusu? Jangan lupa untuk menjaga produksi ASI tetap stabil dan melimpah agar nutrisi si kecil terpenuhi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi yang diperlukan. 

Selain itu, Moms bisa juga ikut kelas laktasi ASI Mastery dari TanyaNers. Kelas ini bisa diikuti dari mana saja, sebab diselenggarakan secara online. Tertarik mengikuti atau ingin tahu lebih lanjut? Klik tombol WhatsApp di pojok kanan bawah!

 

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://www.webmd.com/parenting/baby/what-to-know-about-nipple-confusion
  • https://www.healthline.com/health/parenting/nipple-confusion
  • https://www.whattoexpect.com/first-year/ask-heidi/nipple-confusion.aspx
Scroll to Top
×