Cara Menyusui yang Benar, Penting Untuk Diketahui!

Tanya NersBagi Moms, cara menyusui yang benar adalah hal penting yang perlu diketahui agar tumbuh kembang anak bisa optimal. Kesalahan dalam menyusui bayi seperti salah dalam melakukan pelekatan akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman bagi Moms. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menyusui bayi? berikut ini adalah caranya

Bagaimana Cara Menyusui yang Benar?

Mengetahui cara menyusui yang benar akan membuat Moms lebih nyaman ketika menyusui dan tidak menimbulkan rasa sakit. Selain itu dampak positif lainnya adalah kebutuhan nutrisi si kecil  bisa terpenuhi dengan maksimal dan ikatan emosional antara Moms dan si kecil bisa terbangun kuat. Oleh karena itu penting bagi Moms mengetahui bagaimana cara menyusui yang benar, berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Pastikan Dalam Kondisi yang Nyaman

efek samping asi booster
sc: freepik

Sebelum menyusui si kecil, pastikan Moms sudah merasa nyaman dan rileks. Selanjutnya pastikan si kecil dalam posisi yang tepat sebelum menyusui. Di sini, Moms bisa menyangga si kecil dengan tangan atau mengganjalnya dengan bantal. Posisikan telinga dan bahu bayi dalam satu garis lurus. Tempatkan hidung si kecil sejajar dengan puting. Hal ini akan membuat si kecil terdorong untuk membuka posisi mulutnya.

Baca juga : Cara Merangsang Let Down Reflex Agar Hasil ASI Melimpah

2. Mendekatkan Si Kecil Dengan Payudara

Mendekatkan Si Kecil Dengan Payudara
sc: Pumpstation

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah proses mendekatkan si kecil dengan payudara. Jangan menggerakkan payudara ke arah mulut si kecil, tetapi biarkan bayi mengambil inisiatif untuk ke arah payudara.

Ketika si kecil sudah membuka mulut dan ingin menyusu, dekatkan si kecil ke arah payudara Moms. Tunggu hingga mulut bayi terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah. Pastikan bibir bayi dower atau terlipat keluar.

3. Pastikan Mulut Bayi Menutupi Areola

Posisi pelekatan yang benar adalah ketika si kecil tidak hanya menempel kepada puting, tetapi juga areola. Bagian areola sendiri adalah area berwarna gelap di sekitar puting payudara. Oleh karena itu penting bagi Moms untuk memastikan sebagain besar aerola bagian bawah sudah masuk ke dalam mulut bayi saat menyusui. 

Jika posisi pelekatan ini tidak sempurna, maka akan menimbulkan efek payudara nyeri dan lecet pada puting. Sebaliknya jika posisi pelekatan sudah sempurna, maka akan meransang ASI untuk keluar dari kelenjar payudara.

Baca juga : 10 Manfaat ASI Eksklusif, Jadi Obat Alami Bayi!

4. Membetulkan Posisi Bayi Ketika Menyusu

cara memerah asi
sc : Pexels

Saat proses menyusui, Moms bisa melihat si kecil apakah sudah berada dalam posisi yang benar atau belum. Moms bisa melihat pipi si kecil apakah ada pola napas menelan yang kuat atau tidak. Apabila posisinya sudah benar, Moms akan mendengar suara menelan dari si kecil.

Sebaliknya jika posisi si kecil tidak dalam posisi yang benar, maka Moms perlu membetulkan posisi si bayi. Caranya adalah dengan gelitik bibir bayi untuk membuat si kecil menempel dengan aerola.

5. Melepaskan Payudara dari Si Kecil

Setelah proses menyusui sudah selesai, hal penting lainnya adalah dengan mengetahui cara yang benar dalam melepaskan posisi payudara dari si kecil. Apabila si kecil dilepaskan dalam posisi yang tiba-tiba akan membuat puting payudara cidera.

Cara yang benar untuk melepaskan si kecil dari pelekatan payudara adalah dengan meletakkan jari kelingking di antara gusi bayi dan payudara Moms. Lalu lepas secara perlahan si kecil dengan payudara Moms.

Baca juga : Rekomendasi Asi Booster Alami dan Mana Saja yang Jadi Pantangannya!

Pelajari Cara Menyusui yang Benar di Kelas ASI Mastery

KELAS LAKTASI ASI MASTERY

Itu dia beberapa cara menyusui yang benar agar si kecil bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Agar proses menyusui bisa lancar dan optimal, Moms bisa belajar di  Kelas ASI Mastery dari Tanya Ners bersama perawat berpengalaman, secara online

Di kelas ini akan diajarkan bagaimana mempersiapkan fase menyusui si kecil mulai dari cara meningkatkan produksi susu si kecil, strategi perah asi selama bekerja, cara penyimpanan ASI yang tepat dan banyak lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, klik tombol WhatsApp dipojok kanan bawah ya!

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi : 

  • https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/breastfeeding/positioning-and-attachment/
  • https://parenting.firstcry.com/articles/breastfeed-complete-visual-guide/
  • https://parenting.firstcry.com/articles/breastfeed-complete-visual-guide/
Scroll to Top
×