Moms Pakai Korset Setelah Melahirkan Caesar, Bolehkah?

Pakai Korset Setelah Melahirkan Caesar (1)

TanyaNersSebagian Mommy mungkin ragu untuk pakai korset setelah melahirkan caesar. Pasalnya, tidak sedikit mitos-mitos yang beredar seputar penggunaan korset setelah melahirkan. Namun, tidak semua mitos dan anggapan miring tersebut benar ya, Moms! Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pemakaian dan apakah ada manfaatnya, bagaimana pula cara menggunakannya yang benar? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel kali ini!

Apakah Boleh Pakai Korset Setelah Melahirkan Caesar?

Pakai Korset Setelah Melahirkan Caesar
sc: Kinfertility

Biasanya, kekhawatiran pasca melahirkan khususnya untuk kelahiran pertama adalah memakai korset dapat menyebabkan iritasi. Memang, tapi itu bisa saja terjadi karena pemilihan bahan korset yang kurang tepat, termasuk cara pemakaiannya.

Memakai korset setelah melahirkan caesar diperbolehkan selama tidak menimbulkan efek yang signifikan. Selain itu, pemilihan bahan dan cara penggunaan wajib diperhatikan. Pemakaian korset pasca melahirkan sebenarnya memiliki sejumlah manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meredakan rasa nyeri pasca melahirkan.
  • Dapat menopang perut agar posisinya tetap bagus dan tidak kendur.
  • Membantu dalam memulihkan luka dan otot bagian perut.
  • Peredaran darah menjadi lancar kembali.
  • Memakai korset dapat meminimalisir pembengkakan.
  • Menjaga postur tubuh baik kembali pasca melahirkan.
  • Tubuh menjadi lebih nyaman bergerak.

Baca juga: 10 Jenis Komplikasi Persalinan yang Wajib Moms Kenali

Cara Memakai Korset Setelah Operasi Caesar

Pakai Korset Setelah Melahirkan Caesar (2)
sc: Beuatynesia

Walaupun memakai korset diperbolehkan untuk Moms yang baru melahirkan operasi Caesar, namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya:

1. Hindari Memasang Terlalu Ketat

Cara yang pertama ialah hindari memasang korset terlalu ketat. Apalagi jika baru mnelahirkan langsung. Apabila pemasangan terlalu ketat, hal itu akan menyebabkan iritasi bahkan luka di area yang mengalami peradangan. Pemasangan korset yang ketat pun bisa membuat Moms tidak nyaman. Misalnya mengalami kembung, kram otot, dan mengalami gangguan pernpasan.

Baca juga: 7 Cara Agar Cepat Melahirkan dengan Mudah dan Lancar

2. Pasangkan dengan Posisi yang Benar

Selanjutnya, hindarilah memakai korset dengan terlalu ketat. Agar lebih nyaman, Mommy bisa menempatkan kain di bagian bawah dada terlebih dahulu. Setelah itu, barulah lilitkan korset ke bagian perut hingga area pinggul bagian atas. Aturlah posisi korset senyaman mungkin agar tidak terlalu ketat. Terutama bagi Moms yang aktif.

3. Pilih Korset dengan Bahan Aman dan Nyaman

Hal yang tak boleh disepelekan adalah mengetahui bahan korset yang digunakan. Usahakan pilih korset dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat. Salah satunya adalah bahan cotton will. Bahan ini biasa digunakan pada korset-korset modern. Walaupun harganya mungkin cukup tinggi, namun untuk kenyamanan Moms tentu itu tidak masalah, bukan?

Baca juga: Mengenal 3 Tahapan Persalinan Normal, Apa Saja?

4. Jangan Lupa Diganti

Terkadang karena aktivitas yang padat, Moms lupa untuk mengganti korset. Sebaiknya, ini dihindari, ya! Pastikan Moms mengganti korset secara teratur. Misalnya mengganti korset setelah habis mandi. Korset yang tidak diganti dan jarang dicuci akan menimbulkan iritasi hingga luka jahit meradang akibat penumpukan bakteri.

5. Perhatikan Lama Penggunaan Korset

Terakhir adalah, perhatikan lama waktu pengguaan korset. Doanjurkan memakai korset bisa dilakukan kurang lebih 6-12 minggu setelah melahirkan. Sebaiknya hindari pemakaian pada saat luka operasi atau jahitan belum benar0benar kering. Sementara itu, waktu memakai korset dalam sehari adalah tidak lebih dari 12 jam.

6. Jika Terjadi Infeksi, Hentikan Penggunaannya

Moms sebaiknya menghentikan penggunaan korset jika mengalami tanda-tanda infeksi pada bekas luka operasi caesar. Seperti luka tampak merah, hangat, atau bengkak, demam, mengeluarkan cairan, hingga nyeri di sekitar luka yang semakin parah.

Baca juga: HPL Sudah Dekat? Yuk Ketahui Biaya Proses Persalinan Normal & Caesar!

Penutup

KELAS LAKTASI ASI MASTERY

Nah, itu dia Moms ulasan mengenai apakah boleh pakai korset setelah melahirkan caesar. Jadi, memakai korset tidak masalah ya, asalkan dengan memperhatikan tips-tips di atas. Selain itu, setelah melahirkan dengan operasi caesar pastikan pula asupan ASI untuk si kecil terpenuhi dalam memberikan nutrisi penting di masa-masa awal kelahiran.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengikuti kelas ASI Mastery dari TanyaNers. Kelas ini bisa diikuti dari mana saja karena digelar secara online. Selain itu, Mommy juga akan mendapatkan materi eksklusif dan berkonsultasi langsung dengan ners yang berpengalaman di bidangnya. Tertarik mengikutinya? Hubungi admin kami via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut!

 

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://www.webmd.com/baby/what-is-postpartum-belly-wrap
  • https://www.evasintimates.com/blog/s3/when-can-you-wear-a-corset-after-a-c-section/
  • https://www.bellefit.com/blogs/news/best-girdles-after-c-section-7-weeks-postpartum
Scroll to Top
×