Inilah 5 Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

TanyaNers Masa tumbuh kembang anak ditandai dengan berbagai hal. Misalnya saja yang paling terlihat adalah munculnya gigi. Namun, tak sedikit orang tua yang mungkin khawatir mengapa Si Kecil belum tumbuh gigi. Nah, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara merangsang pertumbuhan gigi bayi berikut ini. Yuk, simak sampai selesai, Moms!

Kenapa Gigi Bayi Belum Tumbuh?

Ciri Bayi Tumbuh Gigi
sc: Heidelberg Dentist

Pada umumnya, gigi bayi mulai tumbuh saat memasuki usia 6-12 bulan. Akan tetapi, beberapa anak mungkin saja pertumbuhan giginya bisa lebih cepat dan lebih lambat dengan anak sebayanya. Terlambatnya Si Kecil yang tumbuh gigi bisa disebabkan beberapa faktor di antaranya adalah:

  • Asupan nutrisi yang kurang. Terutama untuk vitamin D dan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Dimana kalsium membantu pembentukan gigi dan vitamin D berfungsi menyerap kalsium.
  • Bayi yang lahir prematur juga memungkinkan tumbuh gigi yang lambat apabila dibanding bayi yang lahir di bulan yang cukup.
  • Faktor genetik atau keturunan pun bisa menjadi penyebabnya dan salah satu yang paling berpengaruh. Misalnya, orangtua yang memiliki riwayat pertumbuhan gigi melambat, maka ini akan menurun kepada anak.
  • Bayi memiliki masalah kesehatan lainnya. Misalnya penyakit celiac atau mengalami down syndrome.

Oleh karena itu, apabila anak yang berusia satu tahun tapi belum tumbuh gigi sama sekali, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya untuk mengetahui gejala dan penanganannya.

Baca juga: 5 Tips Agar Anak Bisa Makan Sendiri, Moms Bisa Coba!

Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Ciri Bayi Tumbuh Gigi (1)
sc: Mountain Aire Dentistry

Lantas, bagaimana cara merangsang pertumbuhan gigi bayi? Di sini ada langkah-langkah yang harus Mommy perhatikan. Mulai dari asupan nutrisi hingga pengenalan terhadap alat bantu untuk tumbuh gigi pada Si Kecil.

1. Nutrisi Si Kecil yang Cukup

Cara yang pertama ialah membiasakan untuk memberi asupan nutrisi cukup yang diperlukan Si Kecil. Beberapa di antaranya adalah fosfor, magnesium, kalsium, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, D, dan K. Termasuk ASI eksklusif di enam bulan pertamanya. Jika mulai masuk masa MPASI, berikanlah makanan dengan kandungan tersebut yang didapat di brokoli, tahu, sawi putih, kedelai, dan lainnya.

Baca juga: Perlukah Suplemen Nutrisi Tambahan untuk Bayi saat MPASI?

2. Memijat Gusi Bayi Secara Perlahan

Tahukah Mommy jika memijat gusi bayi secara perlahan akan membantu dalam menstimulasi pertumbuhan giginya. Cara ini pun membantu meredakan rasa sakit dan tidak nyaman saat gigi tumbuh.Adapun yang harus diperhatikan saat memijat gusi bayi yakni pastikan tangan bersih. Lalu, letakkan jari telunjuk ke bagian atas gusi bayi. Lakukan gerakan pijat memutar dengan lembut selama beberapa saat.

3. Kenalkan dengan Teether

Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi
sc: Medical News Today

Bukan sekadar mainan, theeter pun dapat membantu pertumbuhan gigi. Selain itu, membantu dalam mengurangi rasa tak nyaman seperti gatal dan nyeri. Pilihlah teether dari bahan yang aman dan tak mudah rusak. Pastikan sebelum memberikannya pada Si Kecil selalu dalam kondisi yang bersih agar tidak terkontaminasi bakteri yang dapat tertelan olehnya saat  digigit.

4. Ajak Anak Rajin Berjemur

Asupan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan gigi tidak hanya didapat dari vitamin dan makanan saja, tetapi juga cahaya matahari alami. Maka, jangan malas untuk mengajak Si Kecil berjemur. Paling tidak ini dilakukan selama kurang lebih 15-30 menit per harinya. Meski begitu, tetap perhatikan waktu terbaik saat menjemur. Hindarilah menjemur anak langsung terpapar cahaya matahari terik. Lakukanlah paling tidak sebelum jam 10:00 pagi.

5. Berikan Finger Food

Terakhir, selain teether alternatif lainnya adalah dengan memberikan makanan genggam (finger food). Hal ini dapat membantu anak untuk mengenal makanan dan mengunyahnya. Tidak hanya sebagai rangsangan untuk tumbuh gigi saja, makanan genggam membantu anak untuk melatih refleks dalam keterampilan tangannya serta melatih kemandirian. Meski begitu, saat memberikan makanan pastikan Moms selalu berada di samping Si Kecil, ya!

Baca juga: 4 Tahapan Tekstur MPASI untuk Si Kecil, Apa Saja?

Penutup

Kelas MPASI Si Kecil

Bagaimana Mommy, cukup mudah bukan cara merangsang pertumbuhan gigi bayi? Jadi, jangan lupa untuk mempraktikkannya sendiri di rumah, ya! Terkadang, Si Kecil yang tumbuh gigi membuat asupan MPASI-nya terganngu. Hal itu karena anak yang kurang nyaman saat makan, sehingga merasa malas.

Namun, tak perlu khawatir. Hal itu memang wajar terjadi dan akan selesai dengan sendirinya ketika giginya sudah tumbuh. Jika Moms mengalami malsalah MPASI lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Ners yang ahli di bidangnya. Salah satunya dengan mengkuti kelas basic MPASI dari TanyaNers. Kelas ini bisa diikuti dari mana saja karena diselenggarakan secara online. Yuk, daftar sekarang juga!

 

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi-anak/merangsang-pertumbuhan-gigi-bayi/
  • https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/cara-menstimulasi-pertumbuhan-gigi-si-kecil 
Scroll to Top
×