5 Tepung yang Bagus untuk MPASI & Banyak Nutrisi

Tepung yang Bagus untuk MPASI

TanyaNersAda banyak pilihan makanan yang dapat disajikan bersama MPASI. Salah satunya adalah dengan bahan tepung. Namun, perlu Moms ketahui jika tidak semua tepung dapat dikonsumsi oleh bayi. Maka dari itu, penting untuk memilih jenis tepung yang bagus untuk MPASI dan aman. Terutama dari bahan-bahan yang alami. Apa saja di antaranya? Yuk, simak ulasannya sampai tuntas di artikel kali ini!

Tepung yang Bagus untuk MPASI

Berikut beberapa jenis tepung yang dapat Moms pilih untuk mendukung MPASI dan aman bagi kesehatan serta tumbuh kembang Si Kecil melansir dari berbagai sumber yang telah dirangkum:

1. Tepung Gandum

Tepung yang Bagus untuk MPASI - tepung gandum
sc: Freepik

Jenis yang pertama adalah tepung gandum. Seperti namanya, bahan baku tepung ini ialah biji gandum berkualitas terbaik yang digiling. Tak heran jika teksturnya terlihat berwarna cokelat dan kasar dibanding terigu. Meski teksturnya tidak lembut, di sisi lain tepung gandum sangat aman dikonsumsi bayi.

Gandum juga memiliki berbagai kandungan nutirisi dan kaya gizi. Misalnya saja karbohidrat, kalsium, mineral, protein, dan vitamin. Di samping itu, kaya pula akan serat. Akan tetapi, jika bayi memiliki alergi terhadap gluten, sebaiknya tidak memberikan tepung ini, ya Moms!

Baca juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat MPASI, Catat!

2. Tepung Beras

Tepung yang Bagus untuk MPASI - tepung beras
sc: Freepik

Tepung beras sudah tak asing lagi bagi para ibu di Indonesia. Tepung yang bagus untuk MPASI ini pun dapat dijadikan alternatif karbohdirat untuk bayi. Keunggulan beras putih ini ialah rendah alergen dan juga memiliki vitamin B kompleks dan pendukung lainnya. Sehingga sangat bagus untuk tumbuh kembang bayi.

Ada juga tepung dari beras merah yang tak kalah bagusnya. Bahkan, kandungan nutirisi dan vitaminnya sangat melimpah. Mulai dari kalsium, asam volat, kalium, zat besi, magnesium hingga vitamin B1, B2, B3, B5, B6. Kandungan seratnya juga tinggi dan itu berguna untuk kelancaran sistem pencernaan.

3. Tepung Jagung

Tepung yang Bagus untuk MPASI - tepung jagung
sc: Freepik

Rekomendasi tepung yang ketiga adalah tepung jagung. Namun, perlu Mommy ketahui jika jenis ini berbeda dengan tepung maizena. Proses pembuatannya yakni dari jagung yang sudah dikeringkan kemudian dihaluskan. Dari segi teksturnya pun terlihat lebih kasar dan memiliki warna kuning.

Tepung jagung sangat bagus untuk bayi yang sedang menjalani program menaikkan berat badan secara sehat. Hal itu karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Lalu ada kandungan fosfor yang membantu terhadap perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Tepung dari jagung ini juga bebas kandungan gluten, sehingga aman untuk semua bayi.

Baca juga: MPASI Homemade vs MPASI Instan, Mana yang Lebih Baik?

4. Tepung Almond

Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh - almond
sc: Freepik

Kacang-kacangan sangat baik untuk membantu perkembangan bayi. Salah satunya yang banyak dicari karena tinggi kandungan gizi adalah almond. Jika almond tidak bisa diberikan secara utuh, Mommy bisa memilih tepung almond. Misalnya mencampurkannya dengan makanan MPASI lainnya ketika usia bayi mulai memasuki 9 bulan.

Almond dipercaya punya kandungan vitamin E yang tinggi. Hal itu sangat mendukung dalam menjaga kesehatan kulit. Di sisi lain, ada pula kandungan kalsium yang berguna dalam menguatkan tulang. Sebagai langkah awal, Moms dapat memberikan setidaknya satu sendok makan dan lihat reaksinya, apakah bayi alergi atau tidak diberikan tepung almond.

5. Tepung Ubi Ungu

Tepung yang Bagus untuk MPASI - tepung ubi ungu
sc: Freepik

Terakhir ada tepung yang terbuat dari umbi-umbian seperti ubi ungu. Sama halnya dengan lainnya, ubi ungu memiliki berbagai kandungan nutrisi penting yang diperlukan bayi. Mulai dari vitamin C, E, potasium, hingga zat besi. Termasuk vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. 

Tepung ubi ungu memiliki kandungan serat tinggi. Bahkan, dengan warna mencolok itu juga dapat menarik perhatian bayi untuk mencobanya. Akan tetapi, saat membelinya Moms perlu berhati-hati. Sebab, pastikan jika tepung ini asli dan tanpa mengandung pewarna buatan agar lebih aman dikonsumsi oleh bayi nantinya.

Baca juga: Manfaat dan Rekomendasi Margarin untuk MPASI Bayi

Penutup

Kelas MPASI Si Kecil

Kini, Moms sudah tahu bukan apa saja jenis tepung yang bagus untuk MPASI dan tumbuh kembang Si Kecil? Jadi, jangan sampai salah pilih tepung yang aman, ya! Ini penting agar bayi mudah mencerna makanan yang disajikan. Terutama yang terbuat dari jenis tepung tersebut. Termasuk bagus pula diberikan kepada Si Kecil yang mengalami masalah MPASI, lho!

Selain itu, dalam mengatasi masalah MPASI, Moms dapat mengikuti kelas basic MPASI yang diadakan oleh TanyaNers. Di sini, Mommy bisa berkonsultasi langsung dengan Ners yang ahli di bidangnya. Apalagi bebas mengikut kelas ini dari mana saja karena diadakan secara online. Yuk, ikuti kelasnya sekarang juga!


*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://www.popmama.com/baby/7-12-months/zahrafarras/jenis-tepung-yang-bagus-untuk-mpasi/
  • https://kumparan.com/kumparanmom/pilihan-tepung-yang-cocok-untuk-mpasi-bayi-1xldM01MJpf/full 
  • https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-flour/
Scroll to Top
×