5 Tips Membuat Pure MPASI untuk Bayi yang Mudah

Tips Pure MPASI untuk Bayi

TanyaNersDalam mengenal jenis makana MPASI, ada beberapa tekstur yang perlu dikenali. Salah satunya adalah pure atau makanan halus yang dilumatkan menggunakan mesin seperti blender. Makanan seperti buah dan sayur akan diblender sampai halus dan lembut layaknya pasta. Bagaimana tips membuat pure MPASI yang benar? Simak ulasan selengkapnya di artikel kali ini, Moms!

Tips Membuat Pure MPASI untuk Bayi

Berikut lima langkah mudah dalam tips membuat pure MPASI untuk bayi yang bisa Mommy praktikkan sendiri di rumah:

1. Pillih Sayur yang Bagus dan Rendah Serat

MPASI 6 bulan (1)
sc: Baby Puree

Sebagai langkah awal, pilihlah sayur yang berkualitas bagus dan memiliki kandungan serat rendah. Ini agar lebih mudah saat diolah, khususnya untuk pure yang simpel. Akan tetapi, jika ingin membuat pure dengan sayur berserat, pertama-tama Moms harus membersihkan dan membuang bagian serat yang keras di sayuran terlebih dahulu.

Kemudian, hindari pula sayuran yang memiliki kandungan air tinggi. Contohnya adalah sayur terung. Alternatifnya, bias dengan menumis atau memanggangnya. Sebab, jika direbus maka sayur ini akan menyerap air dan membuat sayur lebih kental krena proses emulsi sayuran.

Baca juga: Begini Cara Menghangatkan MPASI yang Benar untuk Si Kecil

2. Potong Sayur Lalu Masaklah

Setelah sayur dibersihkan, langkah berikutnya adalah memotong sayur tersebut. Agar lebih mudah memotong bagian yang keras, sebaiknya masaklah sayuran terlebih dahulu. Terutama untuk memotong bagian kulit maupun bijinya. Masaklah dengan api sedang dan perhatikan warna sayuran agar tidak berubah jadi abu-abu.

Supaya lebih memudahkan, potong sayur menjadi beberapa bagian kecil. Ini juga untuk memudahkan agar tercampur secara merata. Ingat, memasak terlalu matang akan membuat sayur semakin lembek. Jadi, usahakan dalam kondisi yang empuk namun tidak terlalu lembek atau keras untuk pemotongan yang mudah dan cepat.

3. Beri Perasa Tambahan

Buah untuk ASI Booster
sc: Boobies Superfood

Terkadang sebagian bayi kurang menyukai rasa alami dari sayuran dan buah yang dipotong dan diblender. Inilah yang membuatnya tidak mau memakan MPASI yang sudah dibuat. Untuk menyiasatinya, Moms dapat memberikan perasa tambahan. Berikanlah perasa tambahan yang memiliki kandungan yang aman untuk Si Kecil.

Misalnya saja dengan menambahkan krim, minyak, kaldu, atau mentega. Jika Moms menghaluskan dengan blender maupun food processor, maka masukkanlah perasa ini di awal ketika mulai memblender. Beda halnya jika menggunakan penggiling atau masher, maka perasa dimasukkan di bagian akhir pengolahan.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan MPASI Agar Kandungan Nutrisinya Tidak Hilang

4. Perhatikan Pisau Blender yang Digunakan

Tips membuat pure MPASI untuk bayi yang keempat ialah perhatikan pisau blender yang Moms gunakan. Apabila ingin membuat pure lebih kental, tekanlah kuat-kuat blender dan gerakkan penekannya. Tujuannya untuk mengarahkan sayuran agar terkena mata pisau, sehingga menjadi terpotong secara merata.

Selain untuk membuat pure lebih kental, cara ini bisa dilakukan ketika pisau blender lemah atau mulai menumpul. Memang hal tersebut mungkin cukup sulit. Namun, Mommy bisa menggunakan bagian bawah sendok agar sayuran yang terpotong tadi mengarah ke mata pisau.

5. Mulai Haluskan Saat Dingin

MPASI 8 BULAN
sc: Little and Brave

Terakhir, mulailah haluskan sayuran ketika suhunya mulai menurun dan dingin. Sebaiknya, hindari memasukkan sayuran saat masih panas ke mesin pemotong atau blender dan menutupnya. Hal itu akan sangat berbahaya, sebab uap panas yang dihasilkan akan tertutup dan tidak bisa keluar, sehingga blender bisa meledak.

Lalu, masukkanlah satu per satu sedikit demi sedikit. Apabila memasukkan semuanya dikhawatirkan tidak ada ruang yang tersisa, sehingga cukup susah untuk menghaluskannya. Untuk proses pemotongan, pilih mode blender paling pelan. Kemudian, secara perlahan naikkanlah kecepatan pemotongannya sampai benar-benar halus.

Baca juga: 7 Cara Menerapkan Feeding Rules untuk Si Kecil Susah Makan

Punya Masalah MPASI, Kami Punya Solusinya!

Kelas MPASI Si Kecil

Setidaknya itulah beberapa tips membuat pure MPASI untuk bayi Mommy agar lahap dan mudah saat mengkonsumsinya. Pastikan semua bahan yang disajikan memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh Si Kecil. Apalagi ketika memasuki usia emas saat memulai makanan pendamping di usia 6-12 bulan pertama.

Nah, apabila Moms memiliki masalah terkait dengan pemberian MPASI ini tak perlu khawatir. Salah satunya adalah dapat mengikuti kelas basic MPASI dari TanyaNers. Menariknya lagi, kelas ini diselenggarakan secara online. Jadi, Mommy bisa mengikutinya dari mana saja dan dipandu oleh Ners yang ahli di bidangnya.

 


*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://www.kompas.com/food/read/2023/03/05/170600875/4-tips-membuat-pure-sayur-agar-hasilnya-lembut-perhatikan-jenis-sayuran?page=all#page2 
  • https://www.whattoexpect.com/first-year/feeding-baby/how-to-make-your-own-baby-food/ 
  • https://www.nestlebabyandme.com.au/introducing-solids/how-to-prepare-infant-puree 
Scroll to Top
×