Begini Cara Menghangatkan MPASI yang Benar untuk Si Kecil

Menghangatkan MPASI

Tanya Ners –  Memberikan MPASI dalam kondisi hangat memang dapat membuat nafsu makan bayi bertambah. Sebab, makanan yang disajikan masih dalam kondisi baik dan tekstur serta rasanya belum mengalami perubahan. Namun, tahukah Moms bagaimana cara menghangatkan MPASI yang benar agar kandungan gizi dan nutrisinya tetap terjaga? Yuk, simak artikel kali ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

Cara Menghangatkan MPASI

cara menyimpan MPASI (1)
sc: Healthy Little Foodies

Berikut beberapa cara mudah menghangatkan dan memanaskan MPASI untuk disajikan kepada Si Kecil tanpa mengurangi nutrisi makanannya:

1. Cairkan Makanan Terlebih Dahulu

MPASI biasanya disimpan di dalam kulkas dalam keadaan beku. Maka dari itu, sebelum menyajikan dan menghangatkan, cairkan terlebih dahulu dengan mendiamkannya beberapa saat di suhu ruangan. Tujuannya adalah agar tidak mengalami perubahan suhu seara drastis. Moms dapat memindahkan sejumlah porsi yang diperlukan.

Dalam hal ini, pastikan juga jika MPASI tersebut disimpan dalam sebuah wadah yang tertutup rapat dan steril untuk menghindari kontaminasi bakteri dan kuman. Idealnya, penyimpanan dilakukan selama 12 jam. Namun, untuk makanan yang telah dibekukan dan dihangatkan tidak boleh dibekukan kembali.

Baca juga: 5 Cara Memulai MPASI Pertama Kali, Ibu Muda Wajib Tahu!

2. Cara Menghangatkan MPASI menggunakan Kompor

Setelah MPASI dikeluarkan dari kulkas dan dicairkan, maka bisa dihangatkan dengan menggunakan kompor. Mommy perlu siapkan terlebih dahulu panci berukuran kecil lalu masukkan MPAS ke dalam panci tersebut. Kemudian, mulailah panaskan menggunakan api berukuran kecil. Ini bertujuan agar makanan tidak gosong dan suhunya stabil.

Dengan catatan, di sini jangan simpan kembali MPASI yang sudah dipanaskan sebelumnya apabila tidak dimakan habis oleh bayi. Sebab, bisa saja makanan tersebut terkontaminasi oleh air liur bayi. Dikhawatirkan kandungan kontaminasi air liur ini dapat menimbulkan racun di makanan jika disimpan lagi.

3. Menghangatkan dengan Microwave

Menghangatkan MPASI (1)
sc: The Asia Parents

Cara menghangatkan MPASI menggunakan microwave menjadi yang cukup umum dilakukan oleh Mommy. Pasalnya, lebih praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama. Jika menggunakan microwave, siapkan wadah yang aman dan tahan panas. Misalnya mangkuk dari kaca yang dirancang khusus dapat digunakan dalam suhu panas.

Hindari menggunakan wadah dari jenis plastik. Sebab, plastik memiliki kandungan bahan kimia dimana saat dipanaskan dapat mengontaminasi MPASI yang dihangatkan. Jika dikonsumsi oleh si kecil dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan kesehatan. Bahkan ada yang menyebutkan jika kandungan plastik bisa menyebabkan kerusakan pada sistem dan perkembangan syaraf.

Baca juga: 7 Cara Menerapkan Feeding Rules untuk Si Kecil Susah Makan

4. Direndam Menggunakan Air Hangat

Cara lain dalam menghangatkan MPASI dapat dilakukan dengan menggunakan air hangat. Mommy dapat menaruh MPASI yang diletakkan di wadah khusus ini ke dalam baskom atau mangkuk. Kemudian, mangkuk ini dapat diisi dengan air panas dengan suhu yang panas. Diamkanlah kurang lebih selama 10-20 menit.

Gunakanlah air bersih yang dimasukkan ke dalam mangkuk tersebut. Ini untuk menjaganya dari kontaminasi terhadap bakteri yang dikhawatirkan masuk ke dalam makanan. Atau saat merendam dengan air panas ini, pastikan MPASI dalam kondisi yang tertutup rapat.

Baca juga: Mengenal Makanan Pendamping ASI (MPASI): Jenis & Pengertian

Ikuti Kelas Basic MPASI TanyaNers

Kelas MPASI Si Kecil

Setidaknya itulah beberapa cara menghangatkan MPASI yang dapat Mommy lakukan. Mana cara yang tepat? Itu semua memang tergantung kebutuhan dan penggunaan. Namun, pastikan makanan tersebut tidak terlalu sering dihangatkan agar nutrisinya tetap terjaga dan tidak mengalami perubahan tekstur dan rasa. 

Jika Moms punya masalah terkait MPASI, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mengikuti kelas Basic MPASI dari TanyaNers. Selain bisa berkonsultasi bersama ners berpengalaman di bidangnya, kelas ini bisa dilakukan di mana saja karena digelar secara online. Semoga bermanfaat!

 

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi:

  • https://unii.com/en/article/should-i-warm-my-babys-food-before-feeding
  • https://www.annabelkarmel.com/advice/preparing-freezing-reheating-foods-baby/
  • https://www.cgbabyclub.co.uk/baby/feeding/weaning/how-do-i-heat-up-and-store-baby-food.htm
Scroll to Top
×