Cara Menyimpan Alat Pumping ASI yang Benar, Penting Untuk Diketahui!

Cara Menyimpan Alat Pumping ASI

Tanya NersBagi Moms, cara menyimpan alat pumping ASI yang benar adalah hal wajib yang perlu diketahui agar alat pompa ASI tetap bersih dan steril setelah digunakan. Selain itu dengan mengetahui cara menyimpan alat pumping ASI yang benar, maka alat pompa ASI tidak akan mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lalu bagaimana cara menyimpan alat pumping ASI yang benar? Di artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menyimpan alat pumping ASI yang benar. Dengan menyimpan alat pumping ASI yang benar maka akan akan terhindar dari berbagai penyakit dan alat pumping ASI akan lebih awet. Oleh karena itu Moms perlu melakukan semua cara yang akan dijelaskan di artikel kali ini. Yuk simak artikel kali ini sampai akhir untuk mengetahui caranya ya Moms! 

Cara Memyimpan Alat Pumping ASI yang Benar

Cara menyimpan alat pumping ASI yang benar diawali dengan mencuci alat pumping ASI yang benar pula. Oleh karena itu di artikel kali ini akan dijelaskan mulai dari cara mencuci alat pompa ASi yang benar hingga cara menyimpannya.

1. Mencuci Alat Pompa ASI

Cara Menghangatkan ASI yang Benar
sc: Parents

Setelah alat pompa ASI selesai digunakan, Moms perlu mencuci alat pumping ASI telebih dahulu sebelum disimpan. Hal ini bertujuan agar alat pumping ASI tetap terjaga kebersihannya dan tetap steril ketika digunakan. Dalam mencuci pompa ASI sebaiknya tidak bersamaan mencuci alat dapur lainnya ya Moms.

Sebelum dicuci, rendam dulu bagian pompa ASI yang sudah dilepas dengan air panas dicampur sabun pencuci botol bayi. Setelah direndam, cuci secara bersih pompa ASI kemudian bilas dengan air hangat.  Lalu siram kembali pompa ASI dengan air panas untuk menjaga kebersihannya. Moms bisa menggunakan sikat khusus pencuci peralatan bayi untuk membersihkannya.

Baca juga : Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik yang Moms Bisa Pilih!

2. Mengeringkan Pompa ASI dengan Benar

pompa asi elektrik terbaik
sc: freepik

Apabila sudah selesai dicuci, Moms perlu mengeringkan pompa ASI secara benar. Sebaiknya hindari mengeringkan pompa ASI di rak piring agar terhindar dari kontaminasi bakteri dan jamur di sekitar cuci piring. Setelah selesai dicuci, keringkan alat pompa ASI dengan meniriskannya ditempat yang bersih kemudian diseterilisasi. Hindari menggunakan lap dapur agar alat pompa ASI tetap steril setelah dicuci.

Baca juga : Catat, Ini Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir!

3. Menyimpan Alat Pompa ASI

Jasa Sewa Pompa ASI Terdekat
Sc: Freepik

Setelah selesai digunakan, langkah selanjutnya adalah menyimpan alat pompa ASI tersebut. Pasang kembali setiap bagian alat pompa ASI dengan benar lalu simpan dengan baik di di lemari yang bersih dan kering ya Moms. 

Untuk pompa ASI manual, Moms perlu memeriksa bagian membran yang biasanya diganti setiap 6 bulan sekali. Apabila Moms tidak lagi membutuhkan pompa ASI, bisa dikeluarkan secara berkala dari tempatnya.

Baca juga: Cara Memilih Pompa ASI Terbaik Untuk Menyusui, Moms Wajib Tahu!

4. Pastikan Pompa ASI Tidak Kotor dan Berjamur

pompa asi manual terbaik
Source : Freepik

Langkah penting lainnya dalam menyimpan pompa ASI yang benar adalah dengan memastikan pompa ASI tidak kotor dan berjamur ketika disimpan. Apabila tabung pompa ASI berjamur, sebaiknya Moms menggantinya dengan yang baru.

Tabung yang berjamur dan kotor akan memiliki berbagai macam resiko penyakit yang datang pada si kecil. Jadi pastikan selalu mengecek kondisi tabung pompa ASI apakah memiliki jamur yang atau dalam kondisi kotor.

Baca juga : Apa Saja Manfaat ASI Booster untuk Ibu Menyusui? Ini Ulasannya!

Menyusui Dengan Lancar Perlu Teknik yang Tepat

KELAS LAKTASI ASI MASTERY

Itu dia beberapa cara menyimpan alat pompa ASI yang benar agar pompa ASI tetap awet untuk terus digunakan. Agar di fase menyusui ini Moms bisa lebih lancar dalam menyusui yuk ikut kelas ibu menyusui dari Tanya Ners bersama perawat berpengalaman, secara online

Di kelas ini akan diajarkan bagaimana mempersiapkan fase menyusui si kecil mulai dari cara meningkatkan produksi susu si kecil, strategi perah asi selama bekerja, cara penyimpanan ASI yang tepat dan banyak lainnya. Saat ini, Tanya Ners juga bekerjasama dengan beberapa jasa penyewaan pompa ASI dibeberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, klik tombol WhatsApp ini ya Moms!

 

 

*Artikel ini telah ditinjau oleh Ns. Almira Istiqomah, S.Kep

Referensi : 

  • https://www.breastfeeding.asn.au/resources/cleaning-expressing-equipment
  • https://www.swbh.nhs.uk/wp-content/uploads/2024/01/ML5860-Cleaning-Storing-Breast-pump-equipment.pdf
  • https://www.medela.com/en/breastfeeding-pumping/articles/pumping-tips/cleaning-your-breast-pump-equipment
Scroll to Top
×